Powered By Blogger

Selasa, 01 Februari 2011

Makalah

KORELASI ANTARA PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA POKOK BAHASAN ……………… SDN RENGEL I

TAHUN PELAJARAN 2009/2010

SEMINAR

Oleh

NURUL HANDAYANTI

NPM:1104066094

JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

F AKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE

UNIROW TUBAN

2010

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Keluarga merupakan lembaga pendidikan pertama dan utama bagi setiap anak dalam mencapai kematangan fisik dan mental masing-masing anak. Di dalan keluarga, setiap anak memperoleh pengaruh yang mendasar sebagai landasan pembentukan pribadinya. Untuk meningkatkan potensi anak, orang tua tidak hanya mendidik anaknya di rumah, akan tetapi mereka mengirimkan atau menitipkan anaknya ke sekolah, agar mampu memenuhi tuntutan zaman sekaligus meningkatkan pendidikan pada anak tersebut.

Sebagai lembaga pendidikan kedua yang bertugas membantu dalam membimbing dan mengarahkan perkembangan serta pendayagunan potensi tertentu yang dimiliki siswa atau anak sekolah merupakan lembaga pendidikan formal. Artinya sekolah terikat oleh peraturan-peraturan tertentu yang harus diketahui dan dilaksanakan. Dalam sekolah khususnya sekolah dasar materi pelajaran banyak disampaikan oleh tenaga pendidik atau guru kepada siswanya, yang tentunya penberian materi pelajaran disesuaikan dengan tingkat pendidikan.

Matematika merupakan salah satu materi pelajaran yang disampaikan oleh guru sejak jenjang paling dasar pada Sekolah Dasar yaitu kelas 1. Sebagai salah satu cabang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), matematika mempunyai peranan penting dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Matematika juga dapat menumbuhkan siswa menjadi berfikir kritis, logis rasional dan percaya diri. Tetapi matematika sering dianggap sebagi materi pelajaran yang sulit pemahamannya dan penerapannya baik teori maupun konsep-konsepnya sehingga menyebabkan prestasi belajar yang belum menunjukkan hasil yang memuaskan.

Melihat kondisi yang demikian, beberapa upaya dilakukan salah satunya berupa latihan-latihan soal kepada siswa agar siswa lebih memahami konsep yang diberikan pada saat materi pelajaran berlangsung maupun sebelum atau sesudah pelajaran berlangsung. Dengan memberikan latihan penyelesain soal-soal diharapkan dapat meningkatkan aktifitas belajarnya, sehingga terjadi pengulangan dan penguatan terhadap materi yang diberikan disekolah dengan harapan siswa mampu meningkatkan hasil belajar atau prestasinya.

Metode yang dapat digunakan untuk peningkatan prestasi belajar matematika dapat menggunakan metode pemberian tugas. Dengan metode pemberian tugas khususnya pemberian tugas pekerjaan rumah diharapkan dapat merangsang minat belajar siswa di luar sekolah. Untuk itu peneliti ingin mengetahui sejauhmana korelasi antara metode pemberian tugas dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika.

Dari uraian diatas peneliti mencoba untuk mengajukan penelitian yang berjudul: “Korelasi Antara Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah Terhadap Peningkatan Asil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pokok Bahasan ……………… SDN Rengel I Tahun Pelajaran 2009/2010”

  1. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah peneliti uraikan sebelumnya, maka rumusan masalah yang diajukan yaitu:

“Apakah Ada Korelasi Antara Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pokok Bahasan ……………… SDN Rengel I Tahun Pelajaran 2009/2010”

  1. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pengajuan penelitian ini yaitu:

1. Untuk mengetahui korelasi antara pemberian tugas pekerjaan rumah terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada pokok bahasan ……………… SDN Rengel I Tahun Pelajaran 2009/2010”

2. Dapat berguna terutama bagi pihak pengelola pendidikan dalam peningkatan kegiatan belajar mengajar khususnya dalam bidang studi matematika demi peningkatan kwalitas pendidikan yang lebih baik dimasa yang akan datang.

3. Menambah khasanah ilmu pengetahuan dan dapat pula menjadi bahan masukan bagi calon guru khususnya bidang studi matematika.

  1. Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkn dapat bermanfaat bagi:

1. SDN 1 Rengel

Dengan hasil penelitian ini diharapkan SDN Rengel 1 dapat lebih meningkatkan pemberdayan pemberian latihan soal dengan pemberian tugas pekerjaan rumah agar prestasi belajar siswa lebih baik dan diterapkan pada pelajaran matematika.

2. Guru

Sebagai bahan masukan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan hasil belajar siswa dikelasnya.

3. Siswa

Sebagai sarana penyemangat belajar siswa untuk menyelesaikan soal latihan sehingga dapat meningkatkan pemahaman suatu materi pelajaran yang selanjutnya dapat menigkatkan prestasi belajarnya.

  1. Batasan Masalah

Agar penelitian dapat terarah dan mendalam, masalah yang diteliti dibatasi pada:

1. Korelasi antara pemberian tugas pekerjaan rumah terhadap peningkatan hasil belajar.

2. Peneliti memilih kelas IV SDN Rengel 1 tahun ajaran 2009/2010 sebagai sampel penelitian.

3. Peneliti hanya membahas pelajaran matematika dengan sub pokok bahasan ………………………….

  1. Asumsi Dasar

Adapun asumsi dasar untuk penelitian ini yaitu:

1. Prestasi siswa dipengaruhi faktor internal dan eksternal.

2. Setiap siswa yang menjadi obyek penelitian mendapat perlakuan yang relatif sama.

3. Hasil tes yang digunakan menggambarkan kemampuan siswa terhadap prestasi belajar matematika.

  1. Definisi Operasional

1. Pekerjaan Rumah

Pekerjaan rumah dalam hal ini yaitu pekerjaan yang di kerjakan dirumah atau di luar sekolah. Pekerjaan yang dimaksud adalah soal-soal latihan yang berhubungan dengan materi yang telah maupun akan diberikan kepada siswa.

2. Belajar

Belajar dalam konteks ini dapat diartikan sebagai usaha yang diberikan guru agar siswa dari mulai belum mampu dan menguasai sampai dalam taraf mampu menguasai apa yang diterimanya dalam hal ini adalah pelajaran matematika.

3. Prestasi Belajar

Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai atau angka yang diberikan oleh guru. Prestasi dalam penelitian ini yang dimaksud adalah nilai yang diperoleh siswa dalam mata pelajaan matematika dalam bentuk nilai yng berupa angka yang diberikan guru kelasnya setelah melaksanakan tugas-tugas yang diberikan.

4. Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah

Merunut pada pengertian sebelumnya, pemberian tugas pekerjaan rumah merupakan tugas-tugas yang diberikan guru pada siswa yang dikerjakan diluar sekolah yang biasanya dikerjakan dirumah masing-masing siswa. Dalam hal ini tentunya dalam mata pelajaran matematika.

5. ……………………………………..(materi pelajaran)

  1. Penjelasan Istilah

1. Matematika

Matematika berasal dari bahasa yunani “mathematikos” yang berarti ilmu pasti.

2. Belajar

3. Prestasi Belajar

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

  1. Prestasi Belajar Matematika

Prestasi belajar merupakan hasil yang di capai siswa dalam menerima suatu pelajaran. Prestasi belajar dapat menunjukkan kemampuan siswa dalam mengikuti program belajar dalam waktu tertentu sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Prestasi belajar yang di capai siswa tidak sama, hal ini karena adanya banyak faktor yang mempengaruhi proses belajar. Untuk lebih jelasnya dalam bagian ini akan diperjelas pengertiannya.

1. Pengertian Belajar

Manusia merupakan mahluk sosial dan mahluk berfikir. Sebagi mahluk sosial manusia membutuhkan manusia lain didalam hidupnya. Dalam interaksi inlah akan terjdi proses perpindahan pengetahuan hasil dari proses berfikir dan akan terjadi proses belajar. Proses beljar yang terjadi sepeti itu menekankan pada pencapaian pengetahuan melalui pengamatan.

Pengertian proses belajar yang dikmukkan oleh para ahli tidak selalu sama. Harold mengemukakan belajar aalah pengamatan, mendengr dan mengikuti kata-kata. Pendapat ini sepaham dengan Sardimanyang menyatakan bahwa belajar merupakan perubahan tingkah laku atau penampilan dengan serangkaian kegiatan misalnya membaca, mengamati, mendengar dan meniru (sardiman, 1987:22). Sedangkan menurut John Dewey belajar adalah integrasi dari pengalaman masa lalu dengan keadaan seseorang pada waktu sekarang untuk kemudian dapat diaplikasikan yang akan datang (Latuheru, 1988:XVIII).

Belajar merupakan suatu proses psikis ang berlangsung dalam interaksi aktif antara subyek dan lingkungannya dan menghasilkan perubahan-perubahan yang melliputi pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Proses perubahan pengetahuan, ketermpilan dan sikap inilah yang disebut proses belajar. Proses belajar merupakan salah satu jalan yang ditempuh oleh seorang pelajar untuk mengertisuatu hal yang sebelumnya tidak diketahui. Tetapi tidak setiap materi pengajaran dapat diamati secara langsung dan tidak semua pengalaman dapat dicapai seseorang.

Proses belajar dapat didorong melalui proses intrernal dan eksternal. Proses internal terjadi dalam diri siswa untuk mempelajari sesuatu. Proses ini di dorong untuk memotifasi diri , semangat dan citc-cita meraih prestasi.ssedang proses eksteernal dipengaruhi situasi yang berada diluar individu siswa. Dengan demikian, untk memperoleh hasil yang maksimal maka proses belajar mengajar harus dilakukan secara sadar dan sengaja serta terorganisasi dengan baik.

2. Prestasi Belajar

Prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh berupa kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan pada diri individu sebagai hasil dari aktifitas dalam belajar. Begitu juga dalam kegiatan belajar di sekolah, siswa selalu menginginkan keberhasilan.dalam dunia pendidikan keberhasilan inijuga disebut prestasi belajar, yang menunjukkan kecakapan siswa dalam menguasai pelajaran yang telah disampaikan guru pada siswa tersebut.

Dari beberapa pendapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika adalah penilaian hasil belajar siswa dalam kuru waktu tertentu yang dapat menggambarkan penguasan pengetahuan atau keterampilan dalam pelajaran matematika. Prestasi belajar yang berupa nilai hasil tes yang berupa bentuk angka, simbol maupun huruf .

  1. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
  2. Pengertian Tugas Pekerjaan Rumah
  3. Kegunaan Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah Pada Siswa

Tugas pekerjaan rumah yang diberikan kepada siswa mempunyai beberapa kegunaan yaitu:

1. Sebagai alat mempermudah belajar siswa.

2. Memberikan motivasi belajar pada siswa

3. Dapat digunakan pengajar atau guru sebagai alat penilaian.

4. Untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa untuk memahami materi pelajaran yang telah disampaikan.

5. Mencari dan menemukan sebab-sebabnya

6. Menghimpun bahan dan cara-cara memperbaiki.

.


BAB III

METODE PENELITIAN

  1. Jenis Dan Pendekatan Penelitian

  1. Rancangan Penelitian
  2. Lokasi dan Waktu Penelitian
  3. Populasi dan Sampel
  4. Instrument Pengumpulan Data
  5. Pengembangan Instrument
  6. Metode Pengumpulan Data
  7. Teknik Analisis Data

Tidak ada komentar:

Posting Komentar